Perkabelan pada motor tua sangat rentan rusak, selain karena umurnya yang bisa bikin kabel getas, gesekan bertahun-tahun pada parts bodi motor serta kendornya soket-soket seringkali menyebabkan motor ngambek. Dari permasalahan sepele seperti klakson/lampu/sein mati hingga parah sampai menyebabkan motor mogok, bahkan SF pernah menyaksikan sendiri Honda tiger hampir terbakar. Untungnya rider sigap dan segera membuka jok belakang sumber kepulan asap berasal. Untuk itu berikut SF bagikan beberapa tips yang mungkin membantu merawat perkabelan motor tua untuk mencegah timbulnya masalah :
1. Perhatikan kondisi soket secara rutin, pastikan antar satu kabel dan kabel lain terkoneksi secara kuat
2. Hindari memasang perangkat elektronik yang tidak perlu
3. Jangan biarkan ada sambungan kabel/ soket yang telanjang, lindungi dengan isolasi
4. Saat hujan sangat rentan bikin mogok motor lawas. Perhatikan sambungan kabel yang mungkin terpapar air hujan. Bisa dari jatuhnya air hujan langsung, maupun dari cipratan roda depan atau belakang. (Tiger SF pernah sampe leleh soket kiprok gara2 ini), cop busi segera ganti jika karet pelindungnya getas.
5. Ada satu tip lagi yang saya dapet dari bengkel, kabel berisi arus yang menghubungkan spul ke kiprok rentan rusak karena panas yang berlebihan, untuk itu jika rusak ganti dengan kabel yang hambatannya lebih kecil ( kabel lebih besar lebih luas penampang tembaganya) klo motor2 baru sih sudah oke harusnya.
6. Satu lagi tips berlaku untuk motor lawas atau motor baru. Untuk motor yang memakai peralatan elektronik berdaya besar seperti lampu H4 55 watt atau klakson stebel/hella jangan gunakan kabel bawaan pabrik karena arusnya terlalu besar sehingga bisa bikin kabel overheat. Pake saja relay yang arusnya mengambil langsung dari aki.
Semoga bermanfaat. Silahkan jika pengunjung ingin sharing atau melengkapi 🙂
Betul mas, apalagi si jagur sensi banget sama ujan 😛
http://javabiker.wordpress.com/2012/02/26/kakek-bersepeda-yang-malang/
SukaSuka
Pasti kelistrikan yang bermasalah tuh
SukaSuka
yups.. ikuti anjuran pabriknya, awet deh.. dan jgn lupa.. tikus attack, bg yg melihara tikus di garasi motor.. sp tau ad kabel2 yg digigitin..
SukaSuka
Ha2… iya aku pernah nempu tempe mendoan di atas blok mesin spin 🙂
SukaSuka
mas ane mau nanya . motor tiger revo ane kmrn penyot tangkinya sedikit yang sebelah kanan . walaupn ga kliatan si kalo ga teliti ngeliatnya tp ga enak aja rasanya mas .
kira” gimana ya tuh benerin nya ?
SukaSuka
Coba ke ketok magic, dengan tehnik tertentu bisa balik. Klo parah kudu di dempul trus dicat
SukaSuka
perlu ditata dan isolasi mumpuni 🙂
SukaSuka
Yup isolasi murahan malah bikin petaka
SukaSuka
setuju..
korslet/kebakaran ada bbm bahaya 🙂
SukaSuka
re wiring aja… biar aman…
SukaSuka
Klo ada budget lebih sebaiknya demikian
SukaSuka
paling sering di honda GL series bagian leher bro,sering kena tarik ulur soalnya
SukaSuka
Bukan hanya gl series. Hampir semua motor laki mungkin
SukaSuka
sama ane juga masbro, c bongsor juga udah semrawut perkabelannya 🙄
aniway ijin nitip kandang masbro…
SukaSuka
Ati…. lebih bik ganti full set. Klo ane banyak modifnya klo ganti kabel bodi 1 set. Lampu depan h4, Klakson keong pke relay, dll ntar aja klo parang baru ganti 🙂
SukaSuka
biasanya siy garansi perkabelan di motor baru cuma satu tahun 🙂
kalo aku siy suka ganti kabel kumplit ajah biarpun mahal
SukaSuka
Akur klo ada budget lebih memang direkomendasikan
SukaSuka
mas jelasin cara bikin kabel satu buat motor gran saya dong..
soalnya kabel semuanya udah gak berguna..
maklum dari pada buat beli kabel body.mending duitnya buat mesin.
tolong reply ke azta_khopx@yahoo.co.id
makasih
SukaSuka
iya memang lebih baik ganti semua kabel pada motor lama karena aku pernah konsleting
SukaSuka