51 comments on “Kenapa kick stater begitu penting di motor masa kini

  1. akan lebih fair klo yg berbicara yg punya motor v-ixion (atau motor injeksi lainnya) yg pernah ngalamin aki tekor kaya gini……
    gimana nih yg punya v-ixion, pernah ga?

    Suka

  2. Klo menurut saya sih gak ada hubungannya mas antara engkol, aki tekor dan dan macet mas. Gak ada korelasi sama sekali. Saya yakin di otak2 insinyur pabrikan motor juga nggak jadi isu utama.

    Beda sama hubungan antara engkol, aki tekor sama sifat males a.k.a low maintenance bike. Nah baru deh berhubungan erat hehehehe.
    Mogok krn tekor itu kan hubungannya sama aki dan kelistrikan. Menurut saya selama pemilik motor rajin merawat dua item itu motor dijamin bebas masalah. Nah masalahnya kebanyakkan konsumen indo itu make barang ‘dipaksa’ sampe diluar batas kemampuannya. Contoh :
    – aki yang dirancang pabrik umur normalnya 2 tahun, dipakek melebihi batas. Klo perlu bisa sampek 3 tahun, 4 tahun bahkan selama2nya.
    – males ngecek kondisi kelistrikan.
    – masang aksesori kelistrikan yang melebihi kapasistas aki
    – (contoh lain) kebiasaan menggunakan ban (baik R4 ataupun R2) sampe botak sebotak-botaknya. Klo gak botak banget belum ganti.

    Andai saja mindset biker motor cc kecil bisa kayak biker motor cc besar. Saya yakin yang namanya kebutuhan akan engkol lama-lama ditinggalkan.
    Saya pernah ditanya oleh teman saya yang kebetulan kerja di distributor salah satu merk aki menyangkut soal mogok krn tekor. Pertanyaannya ada 3.
    1. Apakah kamu beli motor untuk mogok? Ya nggak lah. Siapa juga yang mau beli motor untuk mogok.
    2. Kapan terakhir kamu ndorong motor krn mogok tekor? Hhmmmm kapan yah? Pernah tapi lupa kapan krn udah lama. Krn saya selalu ngecek kondisi aki.
    3. Apakah kamu merasa aneh klo ada moge atau motor cc gede yang udah aho tanpa engkol? aneh nggak aneh sih.
    Alasannya? Krn klo aki tekor urusannya ndorong. Tapi klo ngengkol ya nggak mungkin krn pasti berat banget.
    Trus apa bedanya motor cc kecil sm gede klo aki tekor? Sama2 mogok hehehehe. Tapi kan klo cc kecil ada engkolnya.
    Lha itu CBR150 gak pake engkol? Nah disini saya gak bisa njawab lagi mas hahahahaha…

    Toh saya skrg pakek spacy buat harian yang udah aho siang malam hujan panas badai macet cetar melanda gak masalah sama aki mas. Kawak kaze tuwir saya yang usianya udah 15 tahun malah nyaris gak pakek engkol dari baru hehehe…Malah dinamo starternya yang udah pernah ganti krn jebol ketuaan.

    Mosok iya mas klo ada orang punya ninja 250fi / CBR150 / moge mlipir dulu klo kena macet krn kuatir akinya bakal tekor mas hehehehe. Mlipir krn biji mateng sih iya mas hahahaha…

    Itu aja sih mas pendapat ngawur saya hehehe. Salam sama poldur yang tingginya nggak ketulungan itu yah. Tiap pagi klo ngantor lewat dalem tembusan gang kambing poldurnya bikin saya naik darah saja. Sasis bawah / standar tengah spacy saya bentuknya udah amburadul besot2 mas wkwkwkwkwk…

    Suka

    • Eh mas bro… baru keliatan lagi nih :). Tigerku aki baru.. spul juga tergolong baru.. tekor juga saat terjebak macet 2 jam plumpang-condet kondisi lampu melotot :). Kaze lampunya ac ya ambil dari spul? Klo spacy ga tau saya :). Ninjaku mah kalau kejebak macet parah lampu ane switch ke lampu senja yang sudah pake led (lampu rem belakang juga led) anti tekor dah. Eh ya aki ninjaku 3 tahun ga ganti soale motor jarang dipake.. km saja ga sampe 5000. ha3…. Ya tuh polisi tidur sial…. yang bikin ngawur banyak dosanya karena diumpat orang banyak

      Suka

  3. Perah punya vixion, setelah pakai 2,5 tahun baru kena penyakit aki tekor, untung di kick starter masih nyala.
    Setelah itu ngga kapok tuh, malah ganti cbr trus ninja yg ngga ada kick starternya. Yang penting rajin2 di rawat akinya, kalau sudah susah di starter dikit langsung cek di beres

    Suka

  4. di dalam starter elektrik(SE) ad komponen colbrush(smacam logam tuk menghantarkan listrik k rotor tz muterin mesin deh)..nah lama2 dpake(b’tahun2)itu col brush kan menipis, lalu SE kn alami masalah mogok bs tjadi coz ga kuat muterin mesin..

    Suka

  5. nah..kebetulan ngomong soal ‘kelistrikan’…Mas Smartfaiz..bisa kah membuat artikel tentang cara buat lampu DRL untuk sepeda motor….? makasih…

    Suka

  6. semnjak kendaran diciptakan, teknologi aki kok y masih gitu2 aj yah.. sama kek baterai, teknologinya staganan..

    tp bener kt slh satu komentar diatas, pabrik g ngasal bikin motor. pasti udah diperhitungakn dg cermat..

    Suka

  7. sangat berguna apa lagi ketika motor lama tidak dipakai. dan bagus juga tuh Honda CB150 tetap mempertahankan tetap tersedia kick starter.

    Suka

  8. kick starter bikin awet motor apalagi yg motor2 lama!
    karena ada kick starter wa bisa pake motor meskipun lg bokek g perlu beli AKI lg sambil tunggu gajian!
    wa g setuju klo motor karang g pake kick starter!
    malu bro klo akinya tekor kita dorong2 klo deket gpp sih kalo jauh ya rasakan tuh apalagi malam2 apa ada bengkel yg buka tengah malam?1:1000 bro perbandingannya………..
    nih pengalaman wa ndiri…………

    Suka

silahkan berbagi. Terima kasih atas komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s