Sampai parkiran kantor SF langsung disapa rekan kerja. Bro setinggi apa sih banjir yang mampu dilibas motorku (spacy injeksi). Sekalian menjawab pertanyaan rekan tadi, saya share saja disini :
1. Perhatikan letak filter udara.. jangan sampai area ini terendam air. Efeknya kalau air sampai masuk ruang bakar bisa fatal.
2. Perhatikan letak busi.. jika sampai kerendam air rawan koit mesin
3. Perhatikan letak perangkat elektronik… seperti cdi,kiprok,aki,ECU dll. Tapi biasanya sih dibagian atas mesin
4. Perhatikan lubang pernafasan mesin, biasanya di blok bawah. Umumnya ada selang pernafasan yang mendongak keatas. Jangan sampai selang ini terendam, jelas resiko air menerobos masuk ke mesin.
5. Perhatikan ketinggian knalpot, moncong knalpot terendam rawan mesin mati. Tapi jika posisi 4 perangkat diatas aman dari rendaman air motor masih bisa melaju dengan cara mempertahankan putaran mesin.
Dengan mengenali motor sendiri jadi bisa mengetahui setinggi apa banjir yang bisa dilewati motor kita.
Sekedar share honda tiger sering SF gunakan menerjang banjir hingga moncong knalpot terendam air maklum dulunya trayek Surabaya Pasuruan lewat Lapindo jadi jika hujan sering kerendam alhamdulillah ga mogok. Pengalaman terbaru memakai Suzuki spin terjebak banjir di cempaka putih, ketinggian air sedikit diatas dek depan namun mesin motor masih hidup padahal dikanan kiri banyak motor bebek mogok. Sedangkan Ninja 250 sendiri belum sempat kebanjiran 🙂 (jangan sampai lah… berat dorongnya ).
Silahkan jika ada yang mau nambahi atau berbagi…
busi karbu filter
http://pertamax7.wordpress.com/2012/12/27/honda-cb150r-tembus-rp24-jutaan-di-balikpapan-demand-tingi-kah-atau-khas-honda/
SukaSuka
Hooh
SukaSuka
nice info gan 😀
SukaSuka
Indahnya berbagi 🙂
SukaSuka
sip.
Kalau lewat genangan air nunggu mobil yang berukuran besar lewat terus ikutin jalan bekas dilewatinya tepat dibelakang ban tapi harus selalu jaga jarak
SukaSuka
Pas mobilnya brenti, mogok deh ..he3…
SukaSuka
resiko 😆 😆
SukaSuka
diukur dulu genangan airnya pake dahan pohon, terus kalo udah ukur knalpot motornya, diatas apa dibawah aer https://brigade15.wordpress.com/2012/12/27/akhirnya-blog-ane-punya/
SukaSuka
Hmm berarti co-driver didepan motor sambil ngukurin ketinggian air
SukaSuka
wkwkwkw bisa bisa 😆
SukaSuka
sip ajib,..tak kenal maka tak sayang lalu mogok
SukaSuka
Abis gitu apa kata bengkel 🙂
SukaSuka
Alhamdulillah, Sabtu 2 minggu lalu pas Jakarta badai lewat genangan setinggi spakbor depan Tiger masih mampu berjalan.
Tapi besoknya dicek lampu belakang pada mati, tapi tinggal goyang2 kabel udah hidup lagi 😀
SukaSuka
Manteb… tiger lumayan handal buat terjang banjir
SukaSuka
ninin 250 aman2 aja mas klo nerjang banjir setara dengan bak kopling, tapi klo setara head silinder siap1 aja
SukaSuka
Klo kena silinder atas ya buyar
SukaSuka
sabtu kemaren, Skywave nerjang banjir lumayan tinggi (hampir setinggi ban) di Grogol…alhamdulillah aman.. 😀
SukaSuka
Asal filter masih diatas… klo hampir setinggi ban berarti kemungkinan busi terendam ya. Untung desain cop businya kedap air ya.. sip..sip.. spinku juga sempet hampir mati trus kugantung rpm agak tinggi (ngegas plus ngerem) untung selam
SukaSuka
lewat banjir kalo setinggi kenalpot wajib gantung RPM, jangan biarkan mesin stasioner, harus diatas 4000RPM biar air gak masuk knalpot, yg gak ada tachometernya ya kira2 aja
SukaSuka
Yup…
SukaSuka
he he jadi ingat jaman dulu nerjang banjir motor mati
SukaSuka
selain kenali motor jangan lupa kenali jalannya, hati2 sama lubang tertutup genangan air
SukaSuka
deket ITC cempaka mas ya bos? Emang mantep disitu! Wkwkwk
SukaSuka