36 comments on “Pengalaman melahap tanjakan pegunungan dengan ertiga

  1. sebagai pengguna FWD (ANGL) saya rasa buat nanjak2 gak bermasalah dengan catatan pas ditanjakan sudah dapat momen kecepatan/geraknya, tapi kl awal geraknya pas ditanjakan ya baru kerasa dodolnya mobil FWD, mesti pinter2 main kopling kalo nggak dijamin mesin mobil bakal matek ato susah jalannya. pengalaman waktu terjebak macet di tanjakan malangbong (tanjakan paling extrim jalur selatan arah jakarta setelah nagrek ada lingkar luar) ngelihat xenia 1000/1300 cc dengan enaknya melaju sementara saya kelabakan dengan rem tangan, gas dan kopling.
    kalo pendapat saya FWD gak kalah dengan RWD asal mulai jalannya gak pas ditanjakan, bahkan bisa aja melibas RWD (ditanjakan tol cipularang sering tuh ngelibas RWD), tapi kalo lg macet2an di tanjakan saya jagoin RWD (pernah liburan bareng keluarga ke tangkuban perahu bawa terios, emang enakan terios kok buat ngelibas tanjakan)

    Disukai oleh 1 orang

    • Kalau kata teman saya pengguna GL yang juga pernah jajal ertiga… gigi GL panjang-panjang karena itu akselerasi dan kemampuan menanjak agak kurang… tapi speed di tol luar biasa. Ertiga gigi awalnya pendek2 akselerasi dan tanjakan oke….akselerasi 0-100kpj bahkan hanya 10.6 dtk… saya kemaren juga kedaerah lembang, tangkuban hingga ciater… tapi rute diatas itu jauh lebih ekstrim sampai nyonya saya sedikit panik, takut ga kuat (divideo diatas kedengeran tuh paniknya bunda)

      Suka

    • se7 ama om yg satu ini, coba aja macet”an di tanjakan nagrek dan sejenisnya, kalo perlu + gerimis dikit 😈
      Disono baru keliatan beda FWD dan RWD, klo tanjakan di utube menurut aye masih eces πŸ˜›

      Suka

    • Copas komentar twman di FB saya :
      Ardy Maulana Pengalaman dulu pernah pake ertiga isi 7 penumpang dewasa lewat sarangan-tawangmangu masih kuat2 aja…bahkan lewat cangar jg kuat dgn 7 penumpang dewasa…

      Suka

      • Membaca dan memahami isi artikel anda, sangat terlihat jelas anda blm pernah mengalami kemacetan ditanjakan dengan mobil FWD, cobain deh ditanjakan nagrek pas lagi macet, apa anda msih bisa bicara kalau FWD itu sangat kuat ditanjakan ? jelas anda blm merasakan nikmatnya memakai mobil RWD saat macet ditanjakan, sberapapun curamnya tanjakan ga maslah buat mobil FWD selama lancar tidak ada halangan. masalah ada mobil RWD kopling hangus itu bukan kesalahan dari mobilnya tapi penggunanya yang bodoh. saya bukan maniak RWD, Tapi coba lain kali buat artikel yang sesuai dengan pengalaman anda, jangan melebihkan suatu produk kalau anda saja masih minim pengetahuannya dibidang RWD dan FWD.

        Suka

  2. MUNGKin beda tanjakan beda musibahnya…
    cz waktu d tanjakan manyaran semarang, waktu itu macet total karena efek banjir d sekitar krapyak
    dan ada 3 ekor avanza/xenia yang kampas kopling ny kebakar,,mogok..

    btw memang RWD lebih super ketimbang FWD d tanjakan, tp itu dg catatan kapasitas mesin sama n torsinya sama..nah kalo avanza 1.3 sudah jelas kalah torsi d banding ertiga

    Suka

    • Yup RWD lebih super karena saat nanjak beban ada di belakang, beda dengan FWD yang cenderung kehilangan grip. Tahun kemaren juga lihat rwd bertumbangan di nagrek macet total pas tanjakan… (mobil 90-2010an) pas apes waktunya kampas kopling sedikit tipis

      Suka

  3. Kalo diawal tanjakan berpasir atau licin, utk FWD dibelokin sedikit stir utk dapat grid. Pasti bisa sesulit apapun. Apalagi mobil2 sekarang sudah menggunakan konsep segitiga dibagian atas agar beban dibelakang bisa terbawa ke depan. Coba tangan kita bentuk segitiga dipipi akan ada tekanan ke pipi dibandingkan kalo dibuat lurus saja jari2 kita, malah agak mudah merosot kebawah.

    Suka

  4. penggerak depan gak masalah kalo nanjak…

    selama tanjakannya gak rusak atau batu-batu lepas atau aspal yang ilang sisa batu koral.

    saya pake grand livina matic aman-aman aja kok. tapi kalo ketemu tanjakan yang batu lepas atau aspal ilang sisa batu bawaan jalannya, muter-muter deh bannya atau bisa dibilang spin.

    karena beban traksi cuman dari beban mesin mobil bukan beban penumpang yang biasa penggerak belakang πŸ™‚

    cmiiw

    *atas pengalaman pribadi

    Suka

  5. Ping-balik: Gara-gara pengemudi egois, beberapa mobil tak kuat menanjak | Smartfaiz

  6. Masalah nanjak semua tipe fwd ataupun rwd pasti bisa nanjak. Dalam video TS disitu jalanan nanjak tapi posisi lancar, pasti bisa nanjak. Sama halnya saya naik ke baturaden pakai livina yg mana basis fwd pakai gigi 3 dan 4 kuat2 aja. Lain cerita kalao pas tanjakan tapi macet parah yang jalan stop n go, nah disitulah baru terasa lemotnya nanjak pake basis fwd. Jadi harus pintar2 nyesuain gas dan kopling agar tidak jd spin.

    Suka

  7. Ertiga mah memang ok melahap tanjakan, kemarin main ke Taman simalem ada bagian yang tanjakannya terjal banget, hampir 45 derajat, muatan penuh, oke aja tuh.

    Suka

  8. Pengalaman saya bawa ertiga GL dg 7 penumpang dan belakang ada beras 35kg AC dobel blower nyala dg kipas AC nomer 2. Di saat it saya hbis dari madiun mw pulang ke bojonegoro. Saya lewat jalan pintas yaitu jalan dari Nganjuk pos polisi guyangan belok keri. Di situ nnti anda akan masuk 2 hutan. Hutan pertama hutan Nganjuk dg pohon padet dan kanan keri jurang dan hutan ke 2 hutan bojonegoro yang lebih extrem. Tanjakanya bukan bain + lika likunya susah di pandang.harus sering-sering main klakson.untung klaksonya ertiga kagak norak gan. Bunyinya ngjring bngt sprt mercy.heheh. Dan ke 2 hutan it sepanjang 40KM an.
    Dg 7 penumpang dan beras 35kg. Ertiga top gan mlewati ke 2 hutan. Akselerasi gigi 1 dan 2 istimewa di tambah kopling sm persneling sngt halus dan empuk. GOOD jooB ERTIGA. GOGO… gak ada kata-kata mw mundur ato mesin dg ngos-ngos an. Memang mesin DOHC ertiga gak usah diragukan lagi.

    Suka

    • Saya pernah nyetir ertiga di kelok 44 Sumatera Barat. Menurut saya ertiga mantap di tanjakan. Padalah muatan 7 orang dewasa+koper+ac hidup.

      Suka

  9. Gigi 1 cuma dibatas 30-40 lbh dari itu dah down. Pengalaman saya menanjak dan menyalip truck ganteng di temanung hampir saja memakan korban sekelurga di mobil saya dan oranglain. Saat menyalip dan keceptan 40an mobil bukan makin cepat atau keceptan tetap tapi langsung down. Coba saja kalau nggak percaya di jalan datar batas kecepatan gigi 1 pada er3 ini berapa nggak sperti apv atau avanza

    Suka

  10. ERTIGA torsinya kurang HorsePower Kurang, saya saja yang sudah 115bhp dan Torsi 151nm menurut saya masih kurang he3x

    Suka

  11. pake r3 gx matic 2013 ke luar kota dengan jalan berkelok naik turun selama 2jam, agak kedodoran di beberapa tanjakan, karena posisi dan kondisi jalan yg harus nge-rem dulu.
    mau nyalip truk jadi gak pede.
    di jalan tanah keras campur batu kerikil, lebih kedodoran lg kalau dari posisi diam (macet). ban sempat selip beberapa kali dan kemundur dikit, akhirnya bisa lewat juga …untung gak hujan.
    ga tau apa yg r3 dreza punya setelan torsi dan power yg sama??

    Suka

silahkan berbagi. Terima kasih atas komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s