Pengalaman sebelumnya memakai tiger buat harian selama hampir 4tahun baru ganti ban. Nah pada Nmax cuma setahun lebih beberapa bulan, dah minta ganti ban… padahal rute harian ga beda jauh jaraknya.
Tepatnya di KM 16584 si Nmax minta jajan ban… alur tengah sudah tipis dan hampir hilang (sory ga sempat foto bannya) , tapi anehnya meski alur dah tipis ban tetep menggigit loh… namun karena ban rentan bocor jadi SF ganti dah. (Dah ada 3 tambalan )
Ternyata susah cari ban yang ukurannya lebih lebar dari orinya… mampir di beberapa toko di kawasan harapan indah nemu 3 jenis. Ban ori/IRC, swallow ukuran std, dan pirelli ukuran 140/60. Pilihan ban diameter 13″ memang ga umum, hanya Nmax dan skutik CBU yang memakainya. Karena itu banyak toko ga menyetok.
Mau pake swallow tapi kok belum terbukti performanya harganya juga setara IRC, pake pirelli eman banget , harganya 600rban…. jadi terpaksa pakai IRC lagi dah… harga 265rb include pasang. Performa dah jelas memuaskan…
Sebenarnya dipasaran saat ini ada beberapa pilihan ban Nmax dengan ukuran lebih lebar (140/60-13 & 150/70-13) yang SF tau. Pirrelli harga 600 rban, CST 500rban, swallow 300rban, tapi sepertinya kudu ke toko onderdil yang komplit seperti di otista dll. Di toko online ada juga sih, tapi pasti lumayan ongkirnya ๐
Proses bongkarnya berbeda dengan motor bebek sport yang cuma perlu lepas as roda, kalau Nmax kudu lepas knalpot dan arm sebelah kanan
Saran SF , gantilah ban Nmax pada toko yang punya alat khusus nelepas/memasang ban. Ganti ban Nmax lebih susah dibanding ban berdiameter 17″. Ban 13″ berukuran lebar lebih menggigit di velg…
Sering riding di siang bolong juga bikin cepet abis kompon ban oom ๐
SukaSuka
masalahnya motor ini dipakai berangkat kerja pagi pulang sore/malam
SukaSuka
Wah boros berarti yah,tuker velg yg 14 inch aja oom kl si aerox150 udah keluar ๐
SukaSuka
karna ringnya lebih kecil dibanding motor biasanya, jadi muter lebih banyak ?
SukaSuka
yuppp agreed
SukaSuka
plus jenis karet bannya medium compound keknya.. jangan lupa berat rider diitung .. ups ๐
http://kobayogas.com/2016/11/01/tampak-samping-suzuki-gsx-s150-headlamp-mirip-satria-injeksi/
SukaDisukai oleh 1 orang
medium compound bukannya memang sudah jadi standard jenis karet utk ban harian pada (hampir) semua pabrikan ban?
SukaSuka
Masa? Tahunya dari mana yah?
SukaSuka
1. Common sense, utk penggunaan harian yg mana kendaraan harus siap utk segala kondisi medan umumnya jalan raya (+ sedikit off road), medium compound sudah cukup memadai.
2. Pabrikan motor/mobil juga akan berpikir bagaimana operasional kondisi standard jalan raya, dan umumnya akan meminta pabrikan ban memasok ban dg jenis compound medium,
buktinya? mayoritas ban bawaan pabrikan pakai kode “M/C” –> medium compound
3. Dari sisi harga, medium compound paling moderate utk porsi “raw material cost” nya sbg ban harian
SukaSuka
M/C itu artinya Motorcycle, bukan medium compound. Semua ban motor pasti ada kode M/C-nya. Sedang untuk soft / medium / hard, aplikasinya lebih ke ban balap, itupun gak semua ban balap memiliki tipe-tipe tsb. Tapi hard-nya ban balap jangan disamakan dengan ban harian ya.
SukaSuka
Setahu ane, ban standard motor itu hard compound. Motor 250cc ban bawaan-nya IRC Road Winner itu hard compound. Wajar sih, buat ngejer keawetan.
SukaSuka
Apakah kelihatan ada kode “H/C” ?
SukaSuka
ga pernah merhatiin seh… tapi ban bawaan ninja emang uawet poll https://smartf41z.com/2015/01/17/irc-road-winner-licin-buat-ninja-250-namun-pas-untuk-tiger/
SukaSuka
wkqkwkqk
SukaSuka
Krn bannya ring 13
SukaSuka
yup makin cepet muternya
SukaSuka
yaelaaaa. blm pernah ngerasain user vespa yg ringnya 8 – 10 mungkin. bayangin aja berapa km umurnya jika pake ban yg komponnya sama ๐
SukaSuka
Bah horang kayah motor 29 jt beli ban 600 rb masih ngedumel….?????
Ckckckk….menyedihkan….sungguh terlalu…๐จ๐จ๐ฑ๐ฑ๐ฑ๐ฑ
SukaSuka
faktor ukuran ring dan beban yang diterima ban. Yang penting aman dan puas ya kang
SukaSuka
yup om … sebenernya ga puas pake ban STD maunya nambah gambot tapi eman klo pirelli… wkqkkwq
SukaSuka
Hahahaha.
sudah 17 ribu juga, syukur alur masih tebal.
๐
SukaSuka
ini mungkin faktor varias kondisi medan (aspal/cor beton/off road), dan beban ya?
SukaSuka
bener juga… jalur saya sebagian beton kasar
SukaSuka
Jalurnya aspal ga rata, beton, jalan rusak. Variasi lah jalannya ๐
SukaSuka
Vespa lx saya, km 8000an, udah botak bannya. 16 ribu jatohnya lumayan awet itu mah ๐๐
SukaSuka
bhuahahha… makin kecil ringnya
SukaSuka
Kalau nggak suka riding agresif, memang lebih baik hard compound. Lebih tahan lama. Ban-ban aftermarket umum-nya medium compound. Secara mempertimbangkan faktor performa juga (read: kemampuan gigit aspal).
SukaSuka
sip… belum survey lebih lanjut yang hard merk apa aj
SukaSuka
Kalau saya sih lebih suka soft, terutama untuk motor yang jarang dipakai. Kalau pakai ban standar biasanya ban masih tebal tapi cengkramnya sudah tidak enak ( licin / getas ), uang rasanya malah jadi mubazir karena disaat alur masih tebal tapi ban sudah minta diganti karena rusak termakan usia.
Tapi kalau untuk motor pekerja keras ya ban standar cukup.
SukaSuka
Nah. Setuju sama om yang satu ini.
SukaSuka
IRC NR80 80/90 Medium Compund Honda Supra X 125 sudah 30rb km masih terlihat kembangannya. Pakai tipe standar cuma 25rb udah mulus lus alurnya.
SukaSuka
mas emang bisa beli motor/mobil baru beda sama alamat ktp,apa sampeyan udah pindah alamat ktp bekasi,dulu kan katanya alamat ktp surabaya(maaf saya juga perantau dr jawa timur)
SukaSuka
Wah sya jg jawa timur mas, banyuwangi tepatnya. klo E- KTP kampung mending beli di kampung mas, trus motor dibawa deh ksini, kayak saya. Tp klo KTP udh bekasi ya gampang ambil motor plat bekasi.
SukaSuka