
Artikel ini kelanjutan dari artikel kemarin perihal sepeda City Bike beraliran klasik Element Bergamount. Bergamount ini akhirnya SF upgrade besar-besaran. Gara- garanya nyonya mengeluh pegal- pegal saat riding lebih dari 20 km. Padahal SF saat itu merasa tidak sepegal itu meski BB SF sendiri hampir 2X lipat nyonya.
Setelah konsultasi dengan sobat yang hobi bersepeda, SF akhirnya memutuskan untuk mengupgrade element bergamount agar lebih ringan dan nyaman untuk dikayuh. Ada 3 sumber utama yang bikin bergamount berat untuk dikayuh.
- Crankset
Crankset bawaan masih BB kotak memakai pelor yang dijepit. selain kurang loncer, pelor jenis ini perlu dicek secara rutin. Untuk itu SF ganti menggunakan Crankset Holllowtech2 BCD 104, chainring oval ukuran 46T, Ball Bearing HT2 merk smith. SF pilih single chainring karena rangka tidak memungkinkan untuk memakai Double atau triple chainring (eman kalau dilas, biaya juga bengkak)

2. Hub (bos roda)
Sama halnya dengan crankset, Hub dan freehub bawaan SF ganti model bearing merk Scorpio depan belakang. kenapa memakai ini, kok ga sekalian Bearing dengan model sproket cassete (slop) dan bearing jangkrik? alasannya adalah selain menghemat biaya, hub freehub cassete memakai pengunci quick realese yang beresiko jika dipasang pada sepeda yang ass roda belakangnya mejadi dudukan beberapa parts variasi seperti rak, anting RD dan standar samping. oleh karena itu SF tetap memakai hub dengan sproket ulir namun sudah menggunakan bearing. Sproket SF upgrade menggunakan OXO megarange 13-34 menggantikan bawaan yang cuma 14-28. Sproket yang lebih lebar jaraknya memungkinkan meraih kecepatan yang lebih tinggi dan kayuhan lebih ringan saat di tanjakan. RD bawaan shimano tourney masih sanggup menampung sproket hingga 34 mata sehingga tidak perlu diganti.

3. Ban
Ban bawaan bergamount memakai 26x 2.125, SF ganti lebih tipis merk Polygon ukuran 26 x 1.50 ban ini sanggup menahan tekanan s/d 65 PSI. Ban yang lebih tipis dapat mengurangi gesekan terhadap aspal.
Untuk upgrade kenyamanan SF mengganti stem yang bawaannya oblag dengan stem standar MTB, Sadel bawaan yang keras juga langsung SF singkirkan.
Untuk tampilan dan fungsionalitas SF menambahkan keranjang depan rotan, bel, lampu led dan spion
Upgrade yang SF lakukan ini dampaknya langsung bisa dirasakan nyonya. Minggu kemarin riding sejauh 35 KM rasanya tidak secapek sebelumnya yang cuma 25 kman. untuk kecepatan juga naik . Biasanya mentok cuma 25 kpj, saat ini bisa sentuh 30kpj.

Untuk detail upgrade dan biayanya dapat langsung mampir ke channel youtube Smartfaiz berikut https://youtu.be/WghavstlFVg
Saya dulu sering mantengin blog ini, ya biasa hobi motor. Ternyata sampe sekarang masih ada he..
SukaSuka
setia menunggu artikel artikel selanjutnya
SukaSuka