18 comments on “Tiger tua bermasalah, putaran gas berat RPM lambat turun. Solusinya bongkar karbu!

    • Soalnya mesin masih prima…. klo masalah2 sepele enak dikerjakan sendiri. Pas momennya bukan puasa makin males ngantri di bengkel jadi bongkar sendiri. Kadang kerjaan bengkel baik umum ataupun beres juga kurang memuaskan

      Suka

  1. 8 tahun pegang tiger, saya juga hapal mas bongkar karbunya. simpel dan gak repot2 banget settingnya. overall, emang bandel ini motor. cuma nakalnya di tangki dan keteng thok. sisanya gak pernah ada keluhan hehehe…

    Suka

      • bos gir saya bikin paten pake baut mas, diantara karetnya dibikin alur :D. kalo rem belakang, jaman old tiger dibikin alur pake gergaji kalo tirev maknyooss dari sananya. kopling selip, tak tambahin ring beres hihihi… makanya cuma disebutin dua aja :p

        Suka

        • Lah ya itu kudu diakali. Sama punya saya kok. Bosh gir di drat, belakang ganti cakram, kopling ditambah plat…. 🙂 nantikan minggu ini banyak artikel tiger ngambeg 🙂

          Suka

  2. Mas SF saya mau tau estimasi servis besar honda tiger 2000 thn 97, keadaan mesin normal cuma berisik dan gak bertenaga.. klo di standarin lagi budget 2 juta cukup gak ya kira2..?

    Suka

  3. Sebelumnya maaf kalau saya pengen curhat sedikit….
    Saya mau nanya buat para master roda 2 yang terhormat,
    Saya beli karburator PWL 28 ori punya ninja yang skepnya di lapis teflon (beli di dealer resmi kawasaki) Harga Rp. 1.200.000 yang saya pake buat Honda mega pro tahun 2005 tapi sudah jadi 200cc CDI racing dan Koil Racing (Merk BRT) dan busi masih standard, awal dipake karbunya tidak ada masalah tetapi setelah dipakai 1 bulan timbul masalah yaitu saat malam atau cuaca dingin gas lambat turun dan terkadang RPM naik dengan sendirinya (masalah ini cuman muncul saat malam atau siang hari saat cuaca dingin karena hujan tetapi kalau cuaca panas tidak ada masalah walau gas di betot full untuk kenceng2 an) kemudian saat malam saya stel karbu menjadi basah masalah akan hilang hanya saja stelan basah tidak nyaman buat berkendara karena suara yang nembak2 dan naik motor serasa naik kuda terus menurut saya itu bukan solusi kalau harus stel kering untuk siang dan stel basah untuk malam.
    Saya sudah cek skep tidak ada masalah masih mulus tanpa beret.. coba gonta ganti manipol punya tiger sama scorpio tapi tetep aja penyakitnya gk hilang, gonta ganti pilot jet main jet dari mulai yang kecil sampe besar juga penyakitnya belum hilang, saya lubangi skep dan nambah per juga penyakit masih ada, menutup lubang choke juga penyakit masih belum sembuh.
    Kemudian saya juga sempet terfikir namun belum saya aplikasikan yaitu menarik kawat dari mesin yang tujuan saya mengalirkan panas dari mesin ke karbu (karena saat malam karbu terasa dingin dan terkadang sampai berembun)

    Saya mohon bantuan dari para master kalau saja ada yang pernah mengalami masalah seperti saya dan tolong berbagi informasi…
    sementara karbu tidak saya pake karena belum ketemu cara memperbaikinya…
    maaf kalau tulisan saya terlalu panjang

    Suka

silahkan berbagi. Terima kasih atas komentarnya