Ban ring 18 dipadu ban kurus saat ini dianggap kurang modern. Alhasil banyak motor sport lawas berganti velg lebar 17″ . Namun perubahan tersebut efeknya seperti mengganti gir belakang lebih besar. Tarikan maknyuss tapi nafas cepat habis jadinya cepat minta pindah gigi. Kalau sudah seperti ini motor hanya enak di jalan macet… saat jalan lowong mesin terasa lebih menggerung. Tiger SF misalnya untuk mencapai kecepatan 80kpj mesin teriak sekitar 5200rpm.
Karena trayek rutin SF melewati BKT yang lumayan sepi dan panjang (7kman) SF merasa mesin berkitir terlalu kencang, sepertinya ga sepadan dengan kecepatan yang diraih. Karena itu SF putuskan merubah rasio gigi final… bukan mengganti gir belakang karena sayang banget selain mahal, gir belakang sinnob pada tiger SF masih bagus , paling enak ya ganti gir depan…
Sebelum mengganti gir depan yang ukurannya cocok SF mencoba ngitung secara sederhana… ukuran gir depan std 13 mata, sedangkan belakang 43 mata
Rasio gir tiger standar yang menggunakan velg 18″ 43:13 = 3,308
Kalau ganti ring 17″ efeknya seperti membesarkan rasio gir … diitung bego-begoan (di koreksi ya kalau salah) 18/17 × 3.303= 3,502 (maaf saya mengabaikan ukuran ban males… njelimet ) semakin besar angka rasio semakin enteng akselerasi namun top speed dikorbankan, begitu juga jika sebaliknya…
Bagaimana kalau saya ganti gir depan dengan ukuran lebih besar yakni 14 dengan kondisi ban ring 17
Coba diitung dah… (43/14)x(18/17) = 3,252
Agak berat sedikit dibanding tiger std yang berada sekitar 3,308… tapi ga masalah.. akselerasi sedikit dikorbankan tapi pas di kecepatan 80kpj pada gigi 6 mesin terasa lebih rileks… rpm menyentuh angka 5000 . Selisih 200rpm dibanding masih memakai gir depan 13.
pas banget kombinasi ini… apalagi tiger sudah oversize 50, jetting diperbesar, plus filter memakai ferrox…. kecepatan 125 kpj dapat diraih di gigi 5. Gigi 6 belum berani jajal… sepertinya 135kpj an asal yang jajal bukan beruang seperti saya…. 🙂
Eh ya lupa harga gir depan tiger ukuran 14 merk SSS di penjual online sekitar 95rb…
Monggo dijajal dhewe…
wah ono konco senasib…mau tanya mas faiz pasang gir 14 -520 apa ga mentok atau gesek ma bibir kalter klo rpm tinggi..soalnya sy pernah coba pasang pake gir nsr spelengya dikiit banget..mohon pencerahan ya mas..
SukaSuka
pengalaman saya pake NMP taunya emang berat kang, rasio 42/14 x 18/17 = 3.176 kang, hehehe..sekarang sementara balik standar indopart dulu 😀
SukaSuka
Kang saya punya honda tiger 2002 terus gir belakangnya pake gir sss ukuran 45 pelk 17 motor pengennya minta pindah gigi lagi sedangkan gigi udah di gigi 6
Harus pake gir depan berapa?
SukaSuka
weh koe spa
SukaSuka
nyimak gan
http://otodrift.com/20-konsep-modifikasi-daihatsu-sirion-terbaru/
SukaSuka