SF sebenernya bukan tipe rider yang suka memaksimalkan performa motor… tapi kadang ga bisa melawan godaan saat melihat jalan lempeng didepan… awalnya sih nyalip truk kontainer, tapi sering kadang lupa diri, abis nyalip lupa kendorin gas
Berhubung SF punyanya cuma N250 dan Tiger , perbandingan sensasi jumlah silinder buat ngebut kira-kira seperti ini
Tiger : akselerasi galak dibawah sampai RPM 8000an, selanjutnya agak berat naiknya. 1 silinder tanpa balancer ternyata bikin getaran sangat terasa di Jok, setir, hingga footstep. pantes saja lah seher 200 CC digebukin kebawah trus dilempar lagi keatas… jelas kan terasa getarannya… 🙂 awas cewek sangat bahaya riding Tiger (hayooo… dilarang ngeresss… 😛 ). Nah getaran itu terbiasa SF jadilan deteksi mesin dah kedodoran minta naik giginya.
Ninja 250 : Sensasi ngebut dengan si bolot ini benar-benar beda…apalagi dibanding motor overstroke turing 1 silinder semacam tiger. Meski bolot dah ganti kalpot aftermarket tetep saja lupa diri saat akselerasi… lah gimana saat tiger dah kehabisan nafas di RPM 10rb, eh si bolot malah sedang “on” sampai kitiran 13rb RPM . Kok sampai lupa diri? ini sebabnya : di tiger SF terbiasa menggunakan indikator getaran untuk pindah gigi…di N250 ini ga kerasa mas bro… sering over limit di 13500rpman…lah getaran motor masih ga kerasa, naiknya RPM juga cuepet ga seperti tiger yang dari rpm 8000 keatas pelan-pelan. Liat pergerakan RPM juga resiko (maklum orang berkacamata terbatas) .. di RPM tinggi si bolot sedang ganas-ganasnya… meleng dikit bahaya!Tau-tau motor dah teriak tapi ga laju… begitu lirik spedo, pantes saja RPM hampir 14 rb…kqkqkkq
Karena itu di setiap kesempatan ada pengendara Ninja yang curhat SF selalu mengharamkan ganti TCI Racing… bahaya kalau lupa diri RPM bisa nembus 16rb, klep bisa jebol atau paling tidak terkikis hingga tajam.
Beda lainnya mesin 1 VS multi silinder ya jelas suaranya… ga usah bahas lebih panjang soal ini. yang jelas ini yang bikin SF batalkan beli CBR250 lantas meminang Ninja 250
Secara logika kenapa getaran N250 sangat minim : karena 250 cc dibagi oleh 2 silinder maka masing-masing silinder ber kubikasi 125 cc , dorongan turun naik piston tentunya ga seberat sebiji 200cc. Didukung prinsip kerja 2 silinder segaris dimana timing ledakan bergantian satu silinder dengan lainnya (ledakan 125cc tentu beda dengan ledakan 200cc). Satu piston meledak kebawah ikutan menggerakkan piston satunya. Ini bikin otomatis jadi penyeimbang mesin, sehingga minim getaran. Jadi jelas tiger 200 CC terasa lebih bergetar dibanding Ninja.
Motor sport modern diatas 200CC mensiasati kendala getaran ini dengan cara menambahkan engine balancer di area kruk as…CBR250 misalnya, getaran tergolong minim untuk motor 1 silinder. efek negatifnya beban mesin bertambah dan bikin kurang efektif dibanding 2 silinder untuk urusan mengejar performa. Menurut informasi rekan yang pernah jajal N250 dan CBR 250, getaran tetep minim N250 untuk putaran atas. Embughh SF sendiri hingga sekarang ga pernah jajal CBR250
Sebenernya akselerasi awal tiger VS Ninja 250 ga jauh beda kok… yang bikin beda panjang nafasnya. Pantes akselerasi awal N250 keok sama CBR 250… berani cuma jalan lurus panjang doank… he3…
jadi N250 ga cocok buat perkotaan dunk…? ya …kalau ingin mengoptimalkan tenaga di kota ga pas lah bawa Ninja 250… lebih enak CBR 250. tapi emang mo ngebut terus 😛 kwkqkqk… Tapiii lebih enak lagi matic 😛 !
Pengalaman lucu saat SF nunggang spin kebetulan jejer dengan N250 alay warna merah… kriteria : spion dilepas (bukan hanya ditekuk tapi sudah dicopot… 👿 ) , knalpot racing berisik (ga jelas merknya short silencer), undertail (tanpa spakbor belakang), rute Yos Sudarso, ngebut sambil zigzag. Posisi ya segitu saja… ga beranjak jauh dari dari pandangan SF. Bahkan N250 alay itu sempet disalip Spin berpenunggang Beruang
Sampai akhirnya SF sengaja senggol knalpotnya saat mau motong jalur SF… Doi noleh, lantas SF nunjuk Spion. Begundal ini malah bleyer dan berhasil ngilang masuk busway… awas Lu nyungsep baru tau rasa… klo bawa korban pengendara lain patut dikasih pelajaran rame-rame nihh…. Inget Puasa bro… bogemnya sambil tersenyum kok jadi ga emosi 😆
seperti kata juragan pertamax Rider Ninja pakai Spion terbuka hanya Oknum ! Mirissss…. Lipat spion malah dibenarkan anggota komunitas Ninja dunia maya
gampangnya mirip2 adu CS1 vs Revo110.kalau boncengan nanjak naik gunung seimbang,tapi kalau jalan rata apalagi sama2 sendirian beda jauh:CS1 gigi 3/105km/jam/11.rb RPM aja sama Top speed Revo gigi 4.
SukaSuka
Karakter ruang bakar juga menentukan
SukaSuka
CS1 lemot ditanjakan, apalagi macet ditanjakan curam.. terasa loss powernya..
SukaSuka
Nice repiyu kang.. gk kebayang kalo motor diatas 500 cc 1 silinder yah, bagaimana ngakali getarannya, itu sebabnya mahal macam Duke690 yg 1 silinder..
SukaSuka
Ready to race… komponennya juga special tuh…
SukaSuka
Bukan komparasi :-), joss bedanya sport bike dan road bike maybe.
ngawur.com
SukaSuka
Hanya share yang saya punya… aman dari kobongan kata mas kangkung 🙂
SukaSuka
Wech, ono photo’e Juragan pertamaxx…xixixixixi
SukaSuka
Biar tambah tenar…. doi blogger paling aktif se Indonesia… aktif nulis aktif ngunjungi rekan-rekannya 🙂
SukaSuka
itu pak megison pertamax artisss indomotoblog.net xixixix
btw kpn sy kbeli ninja …pengennya sih z250
SukaSuka
di tes keiritannya aje bang…! hehehe clo pengen tigernya sekenceng ninja d upgrade aja mesinnya.pakek 2 silinder sekarang kn lagi buming.. masak motor sport di adu sama motor touring ya bedah lah..
SukaSuka
kalo di bandingkan ama bore emang lebih kecil. tp stroke tiger di bandingkan ama yg lain angka 62.2 mm cukup panjang. enak nyebut long stroke bukan over stroke. untuk rpm 10500 speed piston 21.77m/s dah kerasa stresnya. klo pingin enak hig rev pilih stroke pendek cb 150r 47.2mm rpm 13500 21.24m/s. kalo pilih komuter harian ga neko² ada verza / mega pro dg stroke 58.mm
(kalo di yamaha dari bebek sampai sport semua stroke nya 58mm)
SukaSuka
Mas maun nanya ..
Saya mau nebus cbr old nih mas..
Ada dua pilihan ..
Cbr A
– Km 54xxx
– semua standar hanaya saklar bikinan knalpot handle rem yg racing custom
– batok pipi kanan sama fairing kanan retak dan dudukan plat yg di tanduk rusanya juga retak
– lampu rem tdk berfungsi
– spido tdk nyala
– dudukan shock belakang yg di swing arm sudah berkarat lumayan
– bak mesin kanan yg dkt tarikan koplingnya baret parah. Bisa di bilang bopak. Tp besarnya hanya seukuran obeng
– pernah jatuh sama mertuanya dirumah mertuanya
– tp dibawa kebut nyampe rpm tinggi stang gak getar sama sekali
– mesin pun enteng tatikannya
– jarang di pake
– harga 17jt thn 2010
Cbr B
– km 27xxx
– bener2 standar ting2 hanya bohlam lampu pake autovision
– body 81% krn pernah jatuh diparkiran dtang pun sama roda tidak akur (miring)
– hampir gak pernah kepake selama 6 bulanan
– mesin sulit naik dan pd rpm 6rb an kerasa sekali getar pada stang
– suspensi dpn blkng msh empuk
– harga 15jt thn 2010
Kira2 pilih mana yaa ..
Tlg solusi dong mas ..
Takutnya kalo pilih cbr B kecewa di mesin sama di stang yg geterr bgt .. Tp bisa di repair gak sihh jadi normal kembali ..
Kalo mesin saya pilih cbr A dan setang g getar walau udah rpm tinggi
Kira2 untuk budget dan konsekuensinya rendah pilih mana yaa
Gimana nihh mass .. Mohon solusinya yaa .. Akhir bulan saya harus pilih salah satu dari mereka ..
Thx before mr.
SukaSuka
wkwkwkwkwk si tiger bisa jadi vibrator tuh bagi cewe :v
OPS
SukaSuka
Lol, bandingin ninja kok ama macan tua,
Kalo bandingin yg setara dong, sesama dual silinder, conto ama keponakan si macan yg namane cbr 250r
Kalo bandingin ninja ama tiger bandingin yg kek gini “motor mana yg sering kecelakaan bahkan mati tiger ato ninja”
SukaSuka
Ra ninja ra manja,
Ati2 bro ora tiger ora nemplek nek geger
Hanya manja kok,
Yg penting nempel di punggung bro,.
SukaSuka