Pasca kenaikan harga premium lalu penurunan harga pertamax bikin SF yang termasuk orang yang malas antri bensin ini hampir selalu isi pertamax untuk tiger lawas. Perbedaannya cukup lumayan pada tiger. Maklum rute SF tergolong bervariasi…. 8 km sangat lancar, sekitar 15 km lalu lintas sedang hingga padat. Biasa memakai premium SF kudu lebih sering pindah gigi… menggiring kecepatan mulai rpm 4000 terasa berat dan kadang diiringi ngelitik, kudu downshift hingga rpm minimal mencapai 5000rpm. Namun memakai pertamax melaju 4000rpm tidak menjadi masalah. Getaran di putaran atas juga berkurang saat memakai pertamax. Lari 100kpj motor terasa lebih rileks. Efeknya konsumsi bensin menjadi sedikit lebih irit memakai pertamax
Padahal secara teori motor berkompresi rendah seperti tiger ini cocoknya pake bensin premium… lalu kenapa ya?
Ini prediksi SF.
1. Motor tua komponen mulai aus, gesekan lebih besar dibanding motor baru. Kondisi ruang bakar tentunya lebih panas. Semakin tinggi nilai oktan semakin tahan terhadap pembakaran dini.
2. Kondisi tiger SF sudah oversize 50.. ada kemungkinan kompresi sedikit naik. Mengingat boreup hanya dilakukan pada booring silinder tidak pada kubah dikop silinder…
Jelasnya peningkatan performa tiger saat memakai premium pindah ke pertamax, tidak signifikan dibanding ninja 250 memakai premium ganti ke pertamax. Fyi dulu SF sempat isi ninja 250 pake premium karena tangki tiger bocor sehingga perlu dengan segera cari tangki penampungan. Performa ninja langsung melorot drastis…
hm aneh … harus nya ngempos lho .. jangan jangan di bore up suri 😀 hihihi
SukaSuka
Ngempos sih ndak… minimal sama
SukaSuka
coba pake pertamax plus .. atau racing sekalian :p
SukaSuka
komponen aus, spelleng harusnya lebih longgar, kompresi turun donk… artikel kontradiksi wkwkwkwkk
SukaSuka
Klo lebih longgar ruang bakar ngebul donk…kwkqkkq….klo yang diatas berdasarkan pengalaman dilapangan langsung… Langsung terasa beda antara memakai premium dan pertamax.
SukaSuka
hmmnn iya ya, mungkin yang sekarang smokeless mz hahaha
SukaSuka
Kalo dari pengalaman ane sih kerak yang menempel di atas piston dan kubah head silinder serta valve juga bisa menambah kompresi lho, mungkin itu sebabnya pakai Pertamax lebih enak, atau coba aja bersihkan dulu kerak mesinnya nanti bikin komparasi lagi…hehehe…
SukaSuka
ya sama seperti postingan om faiz di atas… saya pemakai supra 125 kemarin mudik dari yogyakarta ke Indramayu pakai full pertamax mesin jd lbh halus dan ga kasar pas di putaran atas… beda jauh saat pake premium yg mulai kasar saat kencang… PERTAMAX JOSH… (^.^)d
SukaSuka
Kalau tiger saya dikasih Premium atau Shell Super / Pertamax gak berbeda signifikan, cuma begitu dikasih V Power baru terasa bedanya haha…
SukaSuka
lah supra fit new taun 2006 punya saya makin ngacir tuh pake pertamax… sanggup sekitar 65-70 km/jam (perjalanan jogja-gombong), biasanya di speed segitu dah gejala knocking…
SukaSuka
mio lawas ngempos plus kepanasan di km 5. (motor temen saya, ga tau perawatannya. hehehe.)
SukaSuka